DonkeyMails.com: No Minimum Payout
KeywordDiscovery.com Keyword Research Tool
boss-mails.com

Jumat, 06 Maret 2009

Makanan Yang Tidak Boleh Dicampur Dengan Obat





Keju Tua : Parmesan, Bluee Cheese

Hindari keju ini jika anda minum obat MAO inhibitor (antidepressant seperti Nardil)

Penyebab :

Keju tua-aged cheese, mengandung tryranine, juga ditemukan pada produk kedelai dan wine. Mencampurnya dengan obat MAOI dapat menyebabkan tekanan darah naik sampai tingkat yang berbahaya.
Jus Grapefruit

Anda jangan meminum jus ini jika anda meminum obat penurun kolesterol (statin seperti zocol atau lipitor); obat pengencer darah (calcium chanel blokers seperti Plendil); tranquilizer antidepressant seperti Zoloft

Penyebab :
Jus ini dapat berinteraksi dengan ezim di dalam tubuh yang membantu metabolisasi obat-obatan ini, membuat lebih banyak obat berada lebih lama di dalam aliran darah dan dapat meningkatkan efek sampingnya.

Alkohol

Hindari alkohol jika anda minum obat antidpressant, antianxiety, seperti glucophage, obat pilek/ flu, obat pereda sakit baik yang menggunakan resep dokter ataupun yang dijual bebas, beta blookers seperti inderal, pil tidur, sperti Lunesta dan ambien.

Penyebab :
Kemungkinan menjadi terlalu mengantuk, merasa pusing , atau meningkatkan resiko kerusakan liver dan pendarahan perut. Diabetik kemungkinan mengalami gula darah rendah (hypoglycemia).

Kopi dan Kafein lainnya

Hindari minuman ini jika anda meminum obat asma seperti TheoDur atau theo 24, antibiotik seperti cipro, obat antianxiety seperti Xanax, obat decongestant yang dijual bebas atau dengan resep dokter.

Penyebabnya :
Kemungkinan mempercepat denyut jantung dan/atau jarang berdebar-debar. Catatan sebagian decongestant sudah mengandung kafein. Menambahkan secangkir kopi bisa membuat kefein terlalu banyak. Sayuran Daun Hijau

jangan makan sayuran ini jika anda meminum obat pengencer darah seperti Coumadin.

Penyebabnya :
Sayuran daun hijau mengandung vitamin K yang membantu pembekuan darah. Mengkonsumsinya secara teratur tidak masalah karena dosis obat pengencer carah anda sudah terbiasa. Tapi jangan secara mendadak makan makan lebih banyak atau lebih sedikit sayuran ini. Untuk amannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

Pengganti garam (salt subtitutes) yang mengandung Potassium

Hindari mengkonsumsi garam ini jika anda meminum obat tekanan darah tertentu seperti spironolactone, Diovan, atau Altace.

Penyebabnya :
Obat- obat ini dapat menyebabkan tubuh mempertahankan ekstra potassium. Mendapatkan ekstra potassium di dalam diet dapat menyebabkan kadar terlalu tinggi yang membahayakan, dan yang dapat menyebabkan denyut jantung tak beraturan (arrhythmias)

Produk Susu

Jangan mengkonsumsi produk susu jika anda meminum obat antibiotik seperti Cipro, Levaquin, dan Tentracyline.


Penyebabnya :

Produk susu dapat menghambat absorpsi obat ini sehingga obat menjadi kurang efektif.


Tip Seputar Obat

  • jangan menyimpan obat di lemari kamar mandi. panas dan kelembapan dari shower dapat mendegradasi obat dan membuatnya kurang efektif. Lebih baik disimpan ditempat lain yang dingin dan kering.
  • Jangan memecah atau mengunyah obat yang harus diminum secara utuh atau ditelan. Sebagian obat mempunyai lapisan khusus atau formula time release.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan email anda, sehingga anda dapat berita terbaru